Mata kuliah metodologi penelitian berisi tentang proses ilmiah berupa tahapan penelitian, jenis-jenis penelitian, perumusan masalah, kajian literatur, teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, pengembangan instrumen, teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, teknik keabsahan data, dan teknik serta penulisan tesis.

Mata kuliah ini menggunakan pendekatan student center learning, yang mengedepankan kemandirian mahasiswa untuk mencari dan menemukan pengetahuan serta membangun kompetensi yang diharapkan. Bedah kepustakaan melalui pendekatan project-based learning secara multi literasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.

Melalui kuliah ini, mahasiswa dilatih agar mampu merancang dan mendokumentasikan suatu penelitian, khususnya yang menyangkut pemanfaatan teknologi informasi di bidang kepariwisataan, pertanian, kemaritiman, dan pemerintahan.

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dasar untuk merancang suatu sistem penelitian yang baik dan mendokumentasikan proses serta hasil penelitian secara terstruktur menjadi suatu artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.